Cara Cek Spesifikasi Komputer PC/Laptop paling mudah & simple

Komputer merupakan sebuah perangkat yang saat ini telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, tidak lagi hanya bagi kalangan pekerja kantoran, tetapi sudah menjadi kebutuhan bagi para Pebisnis, Gamer, Youtuber, dan juga bagi para Pelajar mulai dari Sekolah Dasar, menengah hingga Mahasiswa Perguruan Tinggi. 

        Meskipun ini hanyalah hal yang sangat mendasar, tetapi masih banyak orang yang belum tau bagaimana cara mengecek Spek atau Spesifikasi dari komputer yang di pakai. Oleh karena semakin berkembangnya dunia Digital, kebutuhan akan komputer semakin tinggi. Nah apa tinggi yang saya maksudkan ini? Tidak lain         adalah Spesifikasi atau yang biasa disebut Spek.

Kebutuhan akan komputer melingkupi beberapa bidang seperti Komunikasi, Penghitungan, Desain Grafis, Pemrograman, Game, dan lain-lain. Banyak diantara kita yang belum mengerti pentingnya memilih spek dari Komputer yang akan kita beli & gunakan mulai dari Processor-nya, RAM-nya, Graphic Card-nya, dll.

    Tentunya semakin tinggi spek nya, semakin bagus namun harganya juga semakin tinggi. Makanya penting bagi kita mengetahui spek sebuah komputer apakah sudah sesuai kebutuhan atau belum, dengan demikian kita tidak perlu membeli komputer dengan spek yang terlalu tinggi karena itu hanya membuang uang percuma karena kita tidak membutuhkannya.

Kalau sudah mengerti, sekarang kita lihat bagaimana caranya? caranya melihat spek / spesifikasi komputer sangat mudah, ada beberapa cara tapi saya berikan cara paling mudah, & cepat. Cara ini berlaku untuk Semua Versi OS Windows mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, & Windows 10.

Langkah pertama tekan kombinasi Tombol Windows + R (Tombol Logo Windows & Tombol Huruf R ditekan bersamaan sekali saja tanpa perlu di tahan lama.)

Akan muncul seperti gambar dibawah ini, lihat bagian sudut kiri bawah...


Setelah muncul Text box seperti gambar diatas, kita ketik (dxdiag) tanpa tanda kurung, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini...



Setelah itu klik OK atau tekan Tombol Enter, lalu akan muncul tampilan seperti ini...



Gambar di atas menampilkan perintah Dxdiag yang adalah singkatan dari DirectX Diagnostic Tool yang menampilkan spek dari Komputer Mulai dari Processor, Memory RAM, Display, Sound, Input, dan lain-lain.

Itulah cara untuk mengecek spek komputer PC/Laptop yang menggunakan OS Windows. Cara tersebut adalah cara paling mudah, cepat, & efisien dibanding cara lain yang harus melakukan banyak klik dan terkadang membingungkan karena step nya agak berbeda untuk setiap Versi OS Windows yang terinstal.

    Semoga bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan informasi ini, apalagi bagi anda yang mau membeli Laptop/PC Second, anda tidak akan mudah tertipu oleh sang penipu, hehehee. Share ke teman-teman di Facebook mu yah, siapa tau bisa bermanfaat bagi mereka. 

Ini adalah artikel pertama saya, artikel selanjutnya dan seterusnya akan terus saya buat tentunya artikel tersebut akan bermanfaat bagi yang membutuhkan nya. Saya juga tengah membuat konten di Channel Youtube yang juga baru saya buat untuk membagikan konten Tutorial, Tips, News, Traveling, Lifestyle, & Gaming, dan lain-lain. Silahkan bantu support dengan Cara klik SUBSCRIBE di Channel saya ini Patrick J Lum . Terima kasih !


Artikel lainnya bisa di Request melalui DM ke Instagram saya Patrick J Lum





         

0 Comments: